Latest News

Top 5 Tempat Wisata di Jogja yang Menarik Dikunjungi

5 Tempat Wisata di Jogja yang Menarik - Yogyakarta adalah salah satu di antara sekian banyak destinasi wisata yang cukup populer di indonesia dan tidak kalah menariknya dengan wisata bali dan wisata bandung. tidak cuma wisatawan didalam negeri, apalagi telah jadi di antara tujuan wisatawan asing untuk agenda kunjungan wisata ke indonesia.

Kekayaan wisata budaya ataupun wisata histori serta alam jadikan yogyakarta magnet wisata yang cukup menarik. Perihal ini dapat dipandang daripadatnya jogja saat akhir pekan ataupun musim libur panjang disebabkan serbuan wisatawan dari beragam tempat. Lantas obyek wisata apa sajakah sebagai destinasi favorit beberapa pelancong tersebut ?

Dan berikut ini adalah 5 wisata di Jogja yang terkenal dari Info Tempat Wisata :


1. Kraton Yogyakarta

Kraton Yogyakarta
Kraton Yogyakarta
Keraton ngayogyakarta hadiningrat atau keraton yogyakarta adalah istana resmi kesultanan ngayogyakarta hadiningrat yang saat ini berlokasi di kota yogyakarta, tempat istimewa yogyakarta, indonesia.

Meskipun kesultanan tersebut dengan resmi sudah jadi sisi republik indonesia pada th. 1950, kompleks bangunan keraton ini tetap berperan sebagai area tinggal sultan serta rumah tangga istananya yang tetap menggerakkan kebiasaan kesultanan sampai sekarang ini.

Keraton ini saat ini juga adalah di antara tempat wisata di kota yogyakarta. beberapa kompleks keraton adalah museum yang menaruh beragam koleksi punya kesultanan, terhitung beragam pemberian dari raja-raja eropa, tiruan pusaka keraton, serta gamelan.

Dari sisi bangunannya, keraton ini adalah di antara contoh arsitektur istana jawa yang paling baik, mempunyai balairung-balairung mewah serta lapangan dan paviliun yang luas.

2. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis Jogja
Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis adalah tempat wisata yang cukup populer di yogyakarta tak hanya objek pantai yang lain layaknya samas, baron, kukup, krakal serta glagah.

Parangtritis memiliki keunikan panorama yang tidak ada pada tempat wisata yang lain yakni tak hanya ombak yang besar juga ada gunung-gunung pasir di lebih kurang pantai, yang biasa dimaksud gumuk.

Tempat wisata ini telah dikelola oleh pihak pemkab bantul dengan cukup baik, dimulai dari sarana penginapan ataupun pasar yang menjual souvenir khas parangtritis.

Di parangtritis ada juga atv, kereta kuda & kuda yang bisa disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat. disamping itu parangtritis juga adalah area untuk olahraga udara/aeromodeling.

3. Taman Sari

Taman Sari Jogja
Taman Sari Jogja
Taman sari yogyakarta atau taman sari keraton yogyakarta yaitu website bekas taman atau kebun istana keraton yogyakarta, yang bisa dibanding dengan kebun raya bogor sebagai kebun istana bogor. kebun ini dibangun pada zaman sultan hamengku buwono i ( hb i ) pada th. 1758-1765/9.

Awalannya, taman yang memperoleh sebutan the fragrant garden ini mempunyai luas kian lebih 10 hektare dengan lebih kurang 57 bangunan baik berbentuk gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, ataupun danau buatan beserta pulau buatan serta lorong bawah air.

Kebun yang dipakai dengan efisien pada 1765-1812 ini pada awalnya membentang dari barat daya kompleks kedhaton hingga tenggara kompleks magangan.

Tetapi sekarang ini, sisa-sisa sisi taman sari yang bisa dipandang hanya yang ada di barat daya kompleks kedhaton saja.

Konon, taman sari dibangun di bekas keraton lama, pesanggrahan garjitawati, yang didirikan oleh susuhunan paku buwono ii sebagai area istirahat kereta kuda yang dapat pergi ke imogiri. Sebagai pimpinan proyek pembangunan taman sari ditunjuklah tumenggung mangundipuro.

Semua cost pembangunan ditanggung oleh bupati madiun, tumenggung prawirosentiko, besrta semua rakyatnya. Oleh dikarenakan itu tempat madiun dibebaskan dari pungutan pajak.

Di dalam pembangunan pimpinan proyek di ambil alih oleh pangeran notokusumo, sesudah mangundipuro mengundurkan diri. Meskipun dengan resmi sebagai kebun kerajaan, tetapi bebrapa bangunan yang ada mengindikasikan taman sari berperan sebagai benteng pertahanan paling akhir bila istana terserang oleh musuh.

Konon salah seorang arsitek kebun kerajaan ini yaitu seorang portugis yang lebih dikenal dengan demang tegis.

kompleks taman sari sekurang-kurangnya bisa dibagi jadi 4 sisi. sisi pertama yaitu danau buatan yang terdapat di sebelah barat. sisi setelah itu yaitu bangunan yang ada di sebelah selatan danau buatan diantaranya pemandian umbul binangun.

Sisi ketiga yaitu pasarean ledok sari serta kolam garjitawati yang terdapat di selatan sisi ke-2. sisi paling akhir yaitu sisi sebelah timur sisi pertama serta ke-2 serta meluas ke arah timur hingga tenggara kompleks magangan.

4. Malioboro

Malioboro
Malioboro
Malioboro yaitu nama di antara jalur dari tiga jalur di kota yogyakarta yang membentang dari tugu yogyakarta sampai ke perempatan kantor pos yogyakarta. dengan total terdiri dari jalur pangeran mangkubumi, jalur malioboro serta jalur jend. a. yani. jalur ini adalah poros garis imajiner kraton yogyakarta.
ada sebagian object bersejarah di lokasi tiga jalur ini diantaranya tugu yogyakarta, stasiun tugu, gedung agung, pasar beringharjo, benteng vredeburg serta monumen serangan oemoem 1 maret.

jalur malioboro amat populer dengan beberapa pedagang kaki lima yang menjual kerajinan khas jogja serta warung-warung lesehan pada malam hari yang jual makanan gudeg khas jogja dan populer sebagai area berkumpulnya beberapa seniman-seniman-seniman yang kerap mengekpresikan kekuatan mereka layaknya bermain musik, melukis, hapening art, pantomim dan sebagainya disepanjang jalur ini.

5. Candi Prambanan

Candi Prambanan
Candi Prambanan
Candi prambanan atau candi rara jonggrang yaitu kompleks candi hindu terbesar di indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. candi ini dipersembahkan untuk trimurti, tiga dewa utama hindu yakni brahma sebagai dewa pencipta, wishnu sebagai dewa pemelihara, serta siwa sebagai dewa pemusnah. menurut prasasti siwagrha nama asli kompleks candi ini yaitu siwagrha ( bhs sanskerta yang berarti rumah siwa ), serta memanglah di garbagriha ( area utama ) candi ini bersemayam arca siwa mahadewa setinggi tiga mtr. yang menujukkan bahwa di candi ini dewa siwa lebih diprioritaskan.

Candi ini terdapat di desa prambanan, pulau jawa, lebih kurang 20 km. timur yogyakarta, 40 km. barat surakarta serta 120 km. selatan semarang, persis di perbatasan pada provinsi jateng serta tempat istimewa yogyakarta. 1 candi rara jonggrang terdapat di desa prambanan yang wilayahnya dibagi pada kabupaten sleman serta klaten.

Candi ini yaitu terhitung website warisan dunia unesco, candi hindu terbesar di indonesia, sekalian di antara candi terindah di asia tenggara. arsitektur bangunan ini berupa tinggi serta ramping cocok dengan arsitektur hindu biasanya dengan candi siwa sebagai candi utama mempunyai ketinggian meraih 47 mtr. menjulang di dalam kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil. 2 sebagai di antara candi termegah di asia tenggara, candi prambanan jadi daya tarik kunjungan wisatawan dari semua dunia. 3
menurut prasasti siwagrha, candi ini mulai dibangun pada lebih kurang th. 850 masehi oleh rakai pikatan, serta terus dikembangkan serta diperluas oleh balitung maha sambu, di periode kerajaan medang mataram.

Selamat liburan ke Jogja :)

Advertisement.












1 Response to "Top 5 Tempat Wisata di Jogja yang Menarik Dikunjungi"

  1. Izin copas ya kakak :) buat tugas sekolah :) trimakasih :)

    ReplyDelete