Latest News

Top 5 Tempat Wisata di Padang paling Menarik

5 Tempat Wisata di Padang yang Menarik - Kota Padang ini sudah lama terkenal dengan legenda Sitti Nurbaya dan juga Malin Kundang. Kota ini mempunyai sebuah museum yang lokasinya berada di pusat kota bernama Museum Adityawarman, yang mempunyai gaya dan arsitektur berbentuk sebuah rumah adat Minangkabau atau Rumah Gadang, model Gajah Maharam.

Pada halaman depan museum ini terdapat dua buah lumbung padi. Museum ini memang khusus dibuat untuk mengenang dan memelihara sejarah dan budaya dari suku Minangkabau, suku Mentawai serta suku Nias. Museum ini mempunyai koleksi kurang lebihnya adalah 6.000 koleksi.

Kota ini juga sudah lama terkenal akan masakan dan kuliner khas nya. Selain menjadi favorit dari sebagian besar masyarakat Indonesia, masakan Padang juga sudah populer sampai ke mancanegara. Makanan yang sudah populer sekali di antaranya adalah seperti Gulai, Rendang, Terung Balado, Ayam Pop, Sate Padang, Gulai Itik Cabe Hijau, Nasi Kapau dan Karupuak Sanjai.

Restoran Padang juga sudah banyak sekali terdapat di seluruh kota-kota besar di Indonesia. Walaupun sering disebut dengan nama "masakan Padang" sebenarnya lebih dikenal sebagai masakan etnis Minangkabau untuk secara umum.

Dan Berikut ini adalah Destinasi Tempat Wisata di Padang yang menarik untuk Anda kunjungi.

Tempat Wisata di Padang


1. Museum Adityawarman, Sejarah dan Budaya Padang.

Museum Adityawarman, Wisata Sejarah dan Budaya Padang.
Museum Adityawarman
Museum Adityawarman berada di pusat kota Padang, Propinsi Sumatera Barat dan sudah mulai dibangun  pada tahun 1974 yang kemudian diresmikan tanggal 16 Maret 1977. Pemberian nama "Adityawarman" Pada tanggal 28 Mei  1979, yang nama sebelumnya adalam Museum Negeri Propinsi Sumatera Barat . Nama Adityawarman dikutib dari nama seorang penguasa atau Raja besar yang dulunya pernah berkuasa di Minangkabau, satu jaman dengan Kerajaan Majapahit pada masa kejayaan Patih Gajah Mada.

Museum Adityawarman adalah sebuah museum budaya yang terpenting di propinsi Sumatera Barat. Museum ini difungsikan sebagai sebuah tempat untuk menyimpan dan juga melestarikan benda-benda bersejarah seperti halnya cagar budaya yang berasal dari Minangkabau, cagar budaya dari Mentawai dan cagar budaya seluruh Nusantara. Untuk menjaga kelestarian dari koleksi benda-benda yang bernilai sejarah tersebut, pemerintah kawasan setempat juga membentuk sebuah tim kecil yang tugasnya adalah sebagai sebagai tenaga educator, preparator, konservator serta pustakawan. Lokasinya berada di Jl.Diponegoro no : 10 , Kota Padang, Propinsi Sumatra Barat.

Musium ini juga menjadi salah satu objek wisata yang terdapat di kota padang, Anda dapat mengajak keluarga Anda menuju musium ini untuk mengetahui berbagai macam kebudayaan minang.

2. Pantai Aie Manih (Pantai Air Manis), Pantai di Padang.

Pantai Aie Manih (Pantai Air Manis), Pantai di Padang.
Pantai Aie Manih
Pantai Aie manih sudah sangat populer sekali karena disini terdapat sebuah cerita rakyat tentang anak manusia yang durhaka terhadap ibunya sendiri yang kemudian di kutuk menjadi sebuah batu, itulah sepenggal kisah dari "Malin Kundang". Do pantai ini juga terdapat batu malin kundang. Jika ada diantara Anda yang merasa penasaran silahkan menuju kesana dan menikmati keindahan yang ada di Pantai aie manih.

3. Jembatan Siti Nurbaya, Wisata Menarik di Padang.

Jembatan Siti Nurbaya, Wisata Menarik di Padang
Jembatan Siti Nurbaya
Kurang lengkap rasanya jika Anda pergi ke kota Padang namun tidak singgah ke jembatan Siti Nurbaya. Jembatan yang mempunyai panjang kurang lebih 60 meter ini adalah penghubung kota tua Padang dengan Taman Siti Nurbaya (tempat Siti Nurbaya dimakamkan). Jembatan ini membentang gagah sekali di Muara Batang Arau. Jembatan ini akan lebih tampak cantik jika senja menjelang. Pijar mercuri, angin pantai yang sepoi-sepoi, dan lampu-lampu kapal yang sudah mulai dinyalakan akan membuat suasana bertambah romantis. Tidak heran jika banyak anak-anak muda yang memadati jembatan ini, untuk memadu kasih atau hanya sekedar menikmati makanan seperti roti, pisang, dan jagung bakar yang banyak dijual di sisi kanan dan kiri jembatan.

4. Pantai Padang, Wisata Pantai yang Indah di Padang.

Pantai Padang, Wisata Pantai yang Indah di Padang.
Pantai Padang
Bagi masyarakat kota padang, Pantai Padang ini juga sering di sebut dengan nama TAPLAU (TAPI LAUIK), Pantai padang merupakan salah satu lokasi tempat tujuan wisata jikalau Anda ke kota padang. Akan tetapi ketika malam hari sudah tiba, di sini akan sangat rame sekali dengan para muda mudi yang nongkrong sambil menikmati jagung bakar ataupun pisang bakar. Ketika malam minggu tiba, pada persimpang empat selalu ada sebuah atraksi mobil.

5. Pantai Pasir Jambak, Wisata Pantai menarik di Padang.

Pantai Pasir Jambak, Wisata Pantai menarik di Padang.
Pantai Pasir Jambak
Pantai Pasir Jambak ini lokasinya berada sekitar 20 Km jika dari pusat kota menuju arah ke utara melewati jalan raya Padang - Bukittinggi, pada sekitar Km ke 14 belok ke kiri untuk menuju ke Pantai Pasir Jambak. Pantai ini memiliki pasir putih yang lebar dan landai serta banyak dipenuhi oleh pohon-pohon kelapa. Disini tersedia fasilitas wisata yang berupa pintu gerbang, tempat parkir kendaraan, panggung untuk hiburan, warung-warung makanan, home-stay, gazebo, dan juga penyewaan perahu. Sangat cocok untuk Anda yang suka berjemur, berenang, naik perahu, bersantai, atau ingin melihat indahnya matahari terbenam (sunset). Tempat wisata ini bisa dicapai dengan menggunakan angkot, bis kota ataupun taxi.

Panorama Kota Padang dari Gunung Padang
Panorama Kota Padang

Pada kawasan pelabuhan Muara akan banyak dijumpai beberapa bangunan bersejarah peninggalan dari jaman Belanda. Beberapa bangunan yang berada di kawasan tersebut telah ditetapkan oleh pemerintah setempat sebagai sebuah cagar budaya. Di antaranya seperti Masjid Muhammadan bertarikh 1843, yang merupakan sebuah bangunan masjid berwarna hijau muda yang pertama dibangun oleh kumpulan orang komunitas keturunan India.

Cagar budaya yang lain, seperti Klenteng Kwan Im yang juga bernama See Hin Kiong tahun 1861 kemudian direnovasi kembali pada tahun 1905 setelah sebelumnya pernah terbakar. Dari hiliran Batang Arau, akan terdapat jembatan yang dinamakan jembatan Sitti Nurbaya.

Jembatan Sitti Nurbaya ini menghubungkan antara kawasan bukit yang biasa dikenal dengan nama Gunung Padang. Pada bukit ini juga terdapat Taman Sitti Nurbaya yang menjadi tempat lokasi kuburan dari Sitti Nurbaya. Kawasan bukit ini dahulunya menjadi sebuah tempat permukiman awal dari masyarakat etnis Nias di Kota Padang. Sumber : id.wikipedia.org

Demikian info tempat wisata di Padang, dan selamat liburan ke Padang :) !!.

Advertisement.












0 Response to "Top 5 Tempat Wisata di Padang paling Menarik"