Latest News

Top 5 Tempat Wisata di Banjarmasin yang Menarik

5 Tempat Wisata di Banjarmasin yang Menarik - Kota Banjarmasin merupakan salah satu kota yang sekaligus menjadi ibu kota di provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Kota Banjarmasin juga merupakan sebuah Pusat Kegiatan Wilayah. Sebagai kota yang menjadi nomor satu di provinsi Kalimantan Selatan, Banjarmasin memiliki berbagai obyek wisata menarik yang dapat Anda jadikan tempat untuk liburan bersama dengan keluarga maupun kerabat terdekat.

Banjarmasin juga disebut dengan nama Kota Seribu Sungai yang memiliki pasar terapung unik yang tidak dapat Anda temukan dengan mudah di tempat yang lain. Walaupun keberadaan pasar terapung di Banjarmasin ini semakin lama semakin terancam oleh pembangunan modern yang cenderung berada di darat, akan tetapi keberadaan dari pasar tradisional ini masih menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk para backpacker dan pelancong yang berkunjung ke Kalimantan Selatan.

Selain pasar terapung, Banjarmasin memiliki cukup banyak tempat wisata menarik lainnya yang bisa Anda jadikan pilihan ketika sedang berkunjung. 5 diantaranya adalah yang menajadi pilihan kami Info Tempat Wisata untuk Anda jadikan referensi dan perencanaan liburan ke kota Banjarmasin. Berikut adalah tempat waisata di Banjarmasin yang menarik untuk Anda kunjungi.

Tempat Wisata di Banjarmasin


1. Pasar Terapung Muara Kuin/Sungai Barito

Pasar Terapung Muara Kuin / Pasar Terapung Sungai Barito
Pasar Terapung Muara Kuin / Pasar Terapung Sungai Barito
Meupakan sebuah pasar terapung tradisional yang terdapat di atas sungai Barito, dan lebih tepatnya berada di muara sungai Kuin, Banjarmasin, Propinsi Kalimantan Selatan. Pasar Terapung Muara Kuin adalah sebuah pusaka saujana Kota Banjarmasin. Para pedagang dan para pembeli menggunakan jukung, nama sebuah perahu dalam bahasa Banjar. Pasar ini akan mulai setelah shalat Subuh sampai dengan selepas pukul tujuh pagi. Matahari terbit sudah memantulkan cahaya di antara banyaknya transaksi sayur-mayur dan hasil kebun yang berasal dari kampung-kampung di sepanjang aliran sungai Barito serta anak-anak sungainya.

2. Taman Siring Sungai Martapura

Taman Siring Sungai Martapura
Taman Siring Sungai Martapura
Lokasi Taman ini berada di tengah-tengah Kota Banjarmasin, yang letaknya juga berseberangan dengan Masjid Raya Sabilal Muhtadin yang sudah sangat terkenal. Taman ini berbatasan secara langsung dengan Sungai Martapura yang alirannya membelah kota. Taman Siring adalah tempat yang cocok untuk dijadikan tempat nongkrong di waktu sore hari sambil menikmati berbagai jajanan makanan khas Banjarmasin. Pada waktu senja akan datang, tempat ini akan semakin ramai dengan hadirnya banyak anak-anak muda yang nongkrong bareng. Pedagang jajanan makanan kecil juga bisa Anda jumpai dengan mudah di taman ini mulai dari sore sampai dengan malam hari.

3. Masjid Sultan Suriansyah

Masjid Sultan Suriansyah
Masjid Sultan Suriansyah
Merupakan sebuah masjid bersejarah di Kota Banjarmasin yang merupakan masjid tertua di Kalimantan Selatan. Masjid ini pertama kali dibangun pada masa pemerintahan Sultan Suriansyah (1526-1550), Raja Banjar pertama yang memeluk agama Islam. Masjid Kuin ini adalah salah satu dari tiga masjid yang tertua di kota Banjarmasin pada masa Mufti Jamaluddin (Mufti Banjarmasin), masjid yang lainnya merupakan sebuah Masjid Besar (cikal bakal Masjid Jami Banjarmasin) dan Masjid Basirih. Masjid ini lokasinya berada di Kelurahan Kuin Utara, kawasan yang juga biasa dikenal sebagai Banjar Lama merupakan situs ibu kota Kesultanan Banjar yang pertama kalinya. Masjid ini lokasinya juga berdekatan dengan komplek makam Sultan Suriansyah dan di tepian kiri sungai Kuin.

4. Pasar Intan Cahaya Bumi Selamat

Pasar Intan Cahaya Bumi Selamat
Pasar Intan Cahaya Bumi Selamat
Punya keinginan membawa oleh-oleh yang istimewa untuk orang yand disayangi? Mungkin saja intan berlian yang ada di Pasar Intan Cahaya Bumi Selamat ini bisa menjadi bahan pertimbangan. Pusat dari perkulakan intan-intan ini terdapat di Kota Martapura. Kita harus naik angkutan umum secara estafet sebanyak dua kali untuk dapat sampai di Kota Intan. Selain intan, disini Anda juga dapat menemukan berbagai oleh-oleh khas Kota Banjarmasin lainnya.

5. Museum Wasaka Banjarmasin

Museum Wasaka Banjarmasin
Museum Wasaka Banjarmasin
Merupakan sebuah museum perjuangan rakyat Kalimantan Selatan. Wasaka adalah singkatan dari Waja Sampai Ka Puting yang merupakan motto perjuangan rakyat Kalimantan Selatan. Museum ini bertempat pada sebuah rumah Banjar Bubungan Tinggi yang telah dialih fungsikan dari hunian menjadi museum sebagai upaya konservasi bangunan tradisional. Letaknua berada di Gang H. Andir, Kampung Kenanga Ulu, Kel. Sungai Jingah, Kec. Banjarmasin Utara, di Kota Banjarmasin.

Untuk Anda yang ingin liburan ke Banjarmasin, ada baiknya mencari informasi tempat wisata di Banjarmasin terlebih dahulu sebelum berangkat liburan menuju ibukota provinsi Kalimantan Selatan ini. Selamat liburan ke Banjarmasin.

Advertisement.












2 Responses to "Top 5 Tempat Wisata di Banjarmasin yang Menarik"