Latest News

Top 5 Tempat Wisata di Mojokerto yang Menarik

5 Tempat Wisata di Mojokerto yang Menarik - Mojokerto merupakan sebuah kota di Jawa Timur, Indonesia  (yang dahulunya adalah daerah tingkat II berstatus kotamadya). Kota Mojokerto letaknya berjarak sekitar 50 km arah barat daya kota Surabaya dan juga tidak jauh dari kota Pasuruan, wilayah kota Mojokerto dikelilingi oleh kawasan Kabupaten Mojokerto.

Sedangkan letak Alun-alun Kota Mojokerto berada di pusat kota. Alun-alun ini difungsikan sebagai area wisata bagi warga Kota Mojokerto dan sekitarnya sekaligus sebagai tempat untuk bersantai keluarga pada akhir pekan.

Untuk Anda yang suka berolahraga bisa menempuh perjalanan 1 km dan menemukan arena jogging track di Dermaga sungai Brantas Indah. Di sini juga terdapat banyak warung lesehan yang menyediakan berbagai macam makanan.

Rekreasi keluarga bisa dikunjungi oleh wisatawan adalah seperti Pemandian Sekar Sari terdapat di tengah kota, Tempat rekreasi ini juga dilengkapi kolam renang dan memiliki fasilitas bermain untuk anak-anak, toko alat-alat olah raga dan rumah makan yang menawarkan dagangan beraneka ragam makanan (bakso, kikil, soto ayam, dan lain-lain).

Berikut ini adalah 5 tempat wisata di Mojokerto yang bisa Anda kunjungi ketika sedang berkunjung ke kota Mojokerto :

Tempat Wisata di Mojokerto


1. Candi Bajangratu

Candi Bajangratu
Candi Bajangratu
Candi Bajangratu yang merupakan salah satu tempat wisata di mojokerto ini terbuat dari batu bata merah dan memiliki ketinggian lebih dari 16,1 meter dengan lebar 6 meter dan memiliki panjang 6,74 meter, bentuk candi ini seperti bangunan gapura paduraksa yang memiliki sayap kanan dan kiri.

Dalam candi ini juga dihiasi oleh relief kepala garuda, matahari yang diapit naga, kepala kala yang diapit singa dan binatang yang bertelinga panjang. Pada bagian sayap terpahat relief cerita Rama dan pada bagian kaki candi terpahat relief cerita Sritanjung.

Sebenarnya candi ini masih memiliki hubungan dengan Raja Jaya Negara. Fungsi dari Candi Bajang Ratu adalah sebagai gapura pintu masuk bangunan suci. Lokasi candi ini berada di Desa Temon Kecamatan Trowulan.

2. Reco Lanang

Reco Lanang
Reco Lanang
Reco lanang adalah Arca yang terbuat dari batu andesit dan memiliki ukuran tinggi 5,7 meter ini adalah sebuah gambaran dari perwujudan salah satu Dhani Budha yang disebut dengan nama Akshobhya yang menguasai arah mata angin sebelah timur. Agama Budha Mahayana juga mengenal adanya beberapa bentuk kebudhaan seperti Dhyani Bodhisatwa dan manusi Budhi. Dhyani Budha di gambarkan dalam wujud Budha yang selalu bertafakur dan dia berada di langit. Dengan kekuatannya ia memancarkan seorang manusi Budha yang memiliki tugas untuk mengajarkan dharma budha di dunia.

Tugas dari manusi budha sudah berakhir setelah wafat dan kembali ke Nirwana. Demi kelangsungan dari ajaran dharma, Dhyani Budha kemudian memancarkan dirinya lagi ke dunia yaitu ke Dhyani Bodhisattva. Setiap jaman memiliki rangkaian Dhyani Budha, Boddhisatwa dan Manusi Budha.

Di kawasan Trowulan sekarang sudah banyak sekali pemahat-pemahat pintar yang membuat arca seperti halnya peninggalan dari kerajaan Majapahit, sehingga tidak sedikit orang yang berasal dari luar daerah bahkan luar negeri yang memesan patung-patung yang seperti patung peninggalan dari kerajaan Majapahit. Reco lanang lokasinya berada di Desa Kemloko Kecamatan Trawas dan sekitar 40 km jika dari Kota Mojokerto dan sekarang difungsikan sebagai salah satu tempat wisata di mojokerto.

3. Candi Jalatunda

Candi Jalatunda
Candi Jalatunda
Candi Jalatunda letaknya berada di lereng Gunung Bekal, yang merupakan salah satu puncak dari pegunungan Penanggungan. Tepatnya di Desa Seloliman Kecamatan Trawas. Bangunannya terbuat dari batu kali dengan ukuran panjang 16,85 m lebar 13,52 m tinggi 5,20 m. Menurut data sejarah candi ini menunjukkan angka tahun 977 M, dan di sebelah kiri dinding belakang candi terdapat tulisan GEMPENG,disamping itu di sebelah sudut tenggara juga ada tulisannya.

Menurut ahli sejarah dikatakan bahwa candi ini merupakan petirtaan yang dipersiapkan untuk Raja Udayana yaitu raja Bali yang mempersunting putri Gunapriyadharmapatni dari Jawa dan dari hasil perkawinan ini pada tahun 991 lahirlah Airlangga. Jadi tahun 997 menunjukkan tahun pembuatannya. Sekarang difungsikan sebagai tempat wisata di mojokerto yang menarik untuk dikunjungi, terutama bagi Anda yang suka dengan sejarah.

4. Air Terjun dlundung

Air Terjun dlundung
Air Terjun dlundung
Nuansa alam pegunungan yang terasa sejuk dan rimbunan pohon yang masih alami membuat air terjun Dlundung sebagai tempat tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Lagi pula tempat yang mempesona ini sangat mudah untuk dicapai karena letaknya yang hanya berjarak 40 km dari pusat kota Mojokerto, dapat dicapai dengan mobil dan sepeda motor.

Disamping itu tempat wisata ini sungguh cocok untuk bersantai dan melepas lelah bagi para remaja yang suka berkemah, karena tersedia arena perkemahan yang cukup luas dan nyaman. Air terjun dludung ini terletak di Desa Kemloko Kecamatan Trawas 40 km arah selatan Mojokerto. Tempat wisata di Mojokerto yang satu ini memiliki tema alam yang indah dan sangat cocok untuk dijadikan lokasi rekreasi.

5. Kolam Segaran

Kolam Segaran
Kolam Segaran
Kolam segaran ini berupa kolam raksasa dengan ukuran panjang 375 m dan tinggi 3,16 m dan lebar dinding kolam 1,6 m. Undak - undak untuk masuk ke kolam berada di sebelah barat, memiliki teras dengan ukuran panjang 10,4 meter dan lebarnya 8,4 meter. Menurut cerita kolam ini sebagai tempat menjamu tamu - tamu khususnya para bangsawan kerajaan Majapahit.

Untuk memamerkan kekayaannya pada para tamu kerajaan, sehabis menjamu peralatan makan seperti piring, sendok, cangkir, dan sebagainya, di buang ke dasar kolam ini. Candi ini dipugar pada tahun 1976 dan selesai tahun 1983. Kolam segaran ini terletak di desa Segaran Kecamatan Trowulan. Sekarang menjadi salah satu tempat wisata di Mojokerto yang memiliki cukup banyak peminat.

Cobalah untuk berkunjung ke lokasi-lokasi wisata di Mojokerto diatas jika Anda sedang berkunjung ke kota Mojokerto. Nilai sejarah yang sangat tinggi sekali banyak terdapat di Mojokerto karena terdapat banyak sekali peninggalan peninggalan bersejarah dari kerajaan Majapahit. Selamat Liburan ke Mojokerto :)!!

Advertisement.












0 Response to "Top 5 Tempat Wisata di Mojokerto yang Menarik"